Pastikan Tujuan Finansial Anda 100% Tercapai

Keuangan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan setiap orang, termasuk anda dan saya. Setiap orang menjalani hari-hari dengan bekerja ataupun berbisnis, dengan tujuan untuk mencari uang dan mengumpulkannya, kemudian menabung untuk tujuan masing-masing.

Tujuan saya menabung, dengan tujuan anda menabung, bisa jadi berbeda. Saya menyebutnya sebagai Tujuan Finansial. Tujuan Finansial ada beberapa jenis. Ada yang sifatnya jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Semuanya itu bisa berbeda dikarenakan besarnya nilai uang yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya saja, membeli gadget baru bisa disebut tujuan finansial jangka pendek. Lalu membayar Down Payment rumah bisa disebut tujuan finansial jangka menengah. Lalu komitmen untuk membayar cicilan rumah sampai 10 tahun, ataupun mempersiapkan Dana Pendidikan anak, merupakan tujuan finansial yang jangka panjang.

Tujuan Finansial bisa anda capai dengan cara Bekerja dan Menabung. Uang yang anda tabung, tentunya ingin anda gunakan untuk tujuan yang anda inginkan. Kita semua menginginkan hidup kita berjalan sesuai dengan rencana kita.

Namun demikian, kita sama-sama tahu bahwa adakalanya hidup tidak berjalan sesuai dengan rencana kita. Ada hal-hal yang bisa terjadi di luar kontrol kita. Dan hal-hal itu bisa mengganggu rencana kita dalam mencapai Tujuan Finansial kita.

Hal apa saja yang di luar kontrol anda, yang bisa membuat Tujuan Finansial anda gagal tercapai?

Apakah Tujuan Finansial anda penting untuk anda capai?

Apabila Tujuan Finansial anda sangat penting, dan tidak ada kompromi, seberapa besar anda ingin memastikan Tujuan Finansial anda tercapai?

Siapa saja yang akan dikorbankan, apabila Tujuan Finansial anda tidak tercapai?

Apakah keluarga yang anda cintai akan ikut menjadi korban apabila Tujuan Finansial anda gagal tercapai?

Apakah anda mau melakukan apapun untuk memastikan Tujuan Finansial anda tercapai?


Print   Email